Jagobisik

10 Website Paling Populer di Indonesia

Jagobisik

Website sebagai media penyampaian pesan melalui internet masih menjadi yang paling populer digunakan dalam dunia digital. Seiring perkembangan teknologi, World Wide Web yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1990 juga ikut berkembang dari yang hanya bisa dengan protocol File Transfer Protocol dan gopher protocol kemudian berkembang dengan adanya HTML dan HTTP hingga saat ini website bisa menyajikan berbagai macam kebutuhan untuk berkomunikasi baik itu hanya dengan sesama mesin saja atau bahkan langsung manusia dengan manusia.

Saat ini ada banyak sekali website yang bertebaran di internet, dari yang berbentuk sangat sederhana hingga yang memberikan jawaban atas kebutuhan manusia setiap harinya. Dengan banyaknya website yang beredar bukan berarti semua orang mengakses website-website tersebut. Bahkan ada website yang hanya digunakan untuk keperluan diri sendiri dan hanya diakses oleh pemilik website tersebut. Berikut adalah daftar 10 website paling populer di Indonesia menurut Alexa:

  1. Google.com

    Google Logo

    Google merupakan situs mesin pencari yang paling populer di seluruh dunia. Google tidak hanya menjadi mesin pencari terpopuler namun juga merupakan situs yang paling sering dikunjungi dibandingkan seluruh situs yang ada di Internet. Anak perusahaan Alphabet Inc. ini memiliki banyak produk dibawahnya selain mesin pencari separti Gmail dan Youtube. Tak lupa juga produk yang bukan merupakan sebuah situs seperti sistem operasi Android, dan perambah web Chrome.

  2. Google.co.id

    Google Logo

    Google.co.id merupakan versi lokal mesin pencari Google untuk wilayah Indonesia atau yang berbahasa Indonesia. Google memiliki layanan khusus untuk masih-masih negara dan bahasa yang menggunakan TLD masing-masing negara tersebut seperti .co.id untuk area Indonesia. Layanan tersebut juga menggunakan bahasa sesuai dengan areanya, seperti google.co.id yang menggunakan bahasa Indonesia.

  3. Youtube.com

    YouTube Logo

    YouTube merupakan situs media sosial yang berfungsi sebagai sarana berbagi video. Situs ini merupakan salah satu layanan dari raksasa digital Google. YouTube didirikan oleh tiga orang pegawai perusahaan finansial digital PayPal pada tahun 2005. Awalnya situs ini dujalankan dari sebuah apartemen yang berada di atas restoran masakan Jepang yang kemudian pada tahun 2006 duakuisisi oleh Google menjadi salah satu layanan terpopuler mereka hingga kini.

  4. Detik.com

    DetikCom Logo

    DetikCom adalah salah satu situs berita online terpopuler di Indonesia. Berdiri pada tahun 1998, Detik (sebelum menjadi DetikCom) menjadi salah satu media yang cukup berani memberitakan mengenai kerusuhan Mei '98. Menjadi pionir media online merupakan sebuah keuntungan bagi mereka, karena kemudian masyarakat menjadi sangat mengenal cukup lama bahkan jauh sebelum banyak media online bertebaran di Indonesia. Pada Agustus 2011, DetikCom diakuisisi oleh TransCorp dan beroperasi langsung dibawah managemen TransCorp.

  5. Tribunnews.com

    TRIBUNnews Logo

    TRIBUNnews merupakan situs berita online yang dikelola oleh PT Tribun Digital Online. Situs ini merupakan induk dari beberapa situs berita lokal yang ada di bawahnya seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. TRIBUN merupakan divisi koran daerah milik grup Kompas Gramedia. Berita yang disajikan pun berfokus pada berita-berita daerah masing-masing.

  6. Yahoo.com

    Yahoo Logo

    Yahoo adalah perusahaan teknologi yang pernah menguasai dunia internet dan merupakan salah satu pioner era internet awal tahun 90-an. Yahoo memiliki beberapa layanan seperti porta berita, email, messenger, mesin pencari dan beberapa layanan lainnya termasuk Flickr dan Tumblr. Yahoo merupakan salah satu yang terpopuler pada era 90-an, namun popularitasnya mulai menurun memasuki tahun 2000-an.

  7. Blogspot.co.id

    Blogger Logo

    Blogger merupakan bagian dari layanan Google yang memberikan penggunanya sebuah platform untuk membuat blog sendiri. Blogspot.co.id adalah layanan blogger untuk wilayah Indonesia atau yang berbahasa Indonesia. Pengguna yang mebuat blog pada layanan Blogger akan mendapatkan subdomain blogspot secara gratis, namun pengguna juga diperbolehkan untuk membuat nama domain sendiri dengan TLD yang diinginkan.

  8. Tokopedia.com

    Tokopedia Logo

    Tokopedia adalah salah satu situs jual beli online. Tokopedia diluncurkan pada tahun 2009 dengan platform bisnis customer-to-customer yang memfasilitasi pengusaha individu atau bisnis kecil untuk membuat toko online. Tokopedia memberikan fasilitas kemudahan pebayaran secara online sehingga calon pembeli tidak perlu kesulitan untuk membeli barang-barang dari para penjual online.

  9. Liputan6.com

    Liputan 6 Logo

    Liputan 6 merupakan program berita televisi yang disiarkan oleh televisi swasta SCTV. Demi mengikuti perkembangan teknologi, maka Liputan 6 meluncurkan situs berita yang menyajian informasi terkini selain melalui siaran televisi. Liputan6.com kini menjadi salah satu portal berita yang populer setelah Detik.com

  10. Kompas.com

    Kompas.com Logo

    Sebagai salah satu kantor berita tertua di Indonesia, Kompas harus mengikuti perkembangan teknologi untuk tetap dapat bersaing dalam bisnis media masa. Oleh sebab itu, Kompas meluncurkan situs portal berita online Kompas.com sebagai salah satu media berita yang ikut meramaikan kancah portal berita online. Kompas.com dikelola oleh PT. Kompas Cyber Media yang berada di bawah grup Kompas Gramedia.

PrintEmail